• Apa itu cryptocurrency


    Apa itu Cryptocurrency?


    Apa itu Cryptocurrency? Cryptocurrency (mata uang crypto) adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dirancang sebagai alat tukar. Cryptocurrency menggunakan sistem kriptografi untuk mengamankan dan memverifikasi setiap transaksi, serta untuk mengontrol pembuatan unit-unit (token) baru dari suatu cryptocurrency tertentu. Pada dasarnya, cryptocurrency adalah entri yang terbatas dalam basis data yang tidak dapat diubah kecuali kondisi tertentu terpenuhi.


    Sejarah Cryptocurrency


    Ada banyak upaya untuk menciptakan mata uang digital pada saat ‘booming’nya teknologi 90-an, dengan sistem seperti Flooz, Beenz dan DigiCash muncul di pasar tetapi pasti gagal. Ada banyak alasan berbeda atas kegagalan mereka, seperti penipuan, masalah keuangan, dan bahkan ‘gesekan’ antara karyawan perusahaan dan bos mereka.
    Khususnya, semua sistem tersebut menggunakan ‘Pihak Ketiga Tepercaya’, yang berarti bahwa perusahaan di belakang mereka memverifikasi dan memfasilitasi transaksi. Karena kegagalan perusahaan-perusahaan ini, penciptaan sistem uang digital membutuhkan waktu yang lama.
    Kemudian, pada awal 2009, seorang programmer anonim atau sekelompok programmer di bawah alias Satoshi Nakamoto memperkenalkan Bitcoin. Satoshi menggambarkannya sebagai ‘sistem kas elektronik peer-to-peer’. Bitcoin bersifat terdesentralisasi, artinya tidak ada server yang terlibat dan tidak ada otoritas pengendali pusat. Konsep tersebut sangat mirip dengan jaringan peer-to-peer untuk berbagi file.
    Salah satu masalah terpenting yang harus diselesaikan oleh jaringan pembayaran adalah pengeluaran ganda. Ini adalah teknik penipuan yang dapat menghabiskan jumlah cryptocurrency yang sama dua kali atau lebih. Biasanya dalam mata uang FIAT, solusi dalam mencegah penipuan ini ialah adanya pihak ketiga yang tepercaya (server pusat) yang menyimpan catatan saldo dan transaksi. Namun, metode ini selalu melibatkan otoritas yang pada dasarnya mengendalikan dana Anda dan dengan semua rincian pribadi Anda.
    Dalam jaringan terdesentralisasi seperti Bitcoin, setiap peserta harus melakukan pekerjaan verifikasi ini. Ini dilakukan melalui Blockchain – buku besar umum dari semua transaksi yang pernah terjadi dalam jaringan, tersedia untuk semua orang. Oleh karena itu, semua orang di jaringan dapat melihat setiap saldo akun.
    Setiap transaksi adalah file yang terdiri dari kunci publik (public key) pengirim dan penerima yang adalah alamat dompet (address) dan jumlah koin yang ditransfer. Transaksi ini juga perlu ditandatangani oleh pengirim dengan kunci pribadi (private key) mereka. Semua ini hanya kriptografi dasar. Akhirnya, transaksi tersebut disiarkan di jaringan, tetapi harus dikonfirmasi terlebih dahulu.
    Dalam jaringan cryptocurrency, hanya penambang yang dapat mengkonfirmasi transaksi dengan memecahkan teka-teki kriptografi. Mereka mengambil transaksi, menandainya sebagai sah dan menyebarkannya ke seluruh jaringan. Setelah itu, setiap node dari jaringan menambahkannya ke database-nya. Setelah transaksi dikonfirmasi tidak dapat dipulihkan kembali dan tidak dapat diubah. Penambang menerima hadiah, ditambah biaya transaksi.
    Pada dasarnya, setiap jaringan cryptocurrency didasarkan pada konsensus mutlak dari semua peserta mengenai legitimasi saldo dan transaksi. Jika node jaringan tidak setuju pada satu keseimbangan, sistem pada dasarnya akan rusak. Namun, ada banyak aturan yang dibuat sebelumnya dan diprogram ke dalam jaringan yang mencegah hal ini terjadi.
    Cryptocurrency disebut demikian karena proses konsensus dipastikan dengan kriptografi yang kuat. Dengan ada nya hal tersebut, membuat pandangan kita akan peran pihak ketiga yang ada sekarang menjadi terihat berlebihan.
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Powered by Blogger.

Recent in Sports

3/recentposts
[recent]

Video Of Day

Comments

4/recentcomments

Random Posts

3/randomposts

Recent

4/recentposts

Popular